Kajian Kualitas Kerang Mutiara di Kecamatan Pulau Laut Barat

Beranda | Ragam | Wisata | Galleri Photo | Pengaduan | Database SKPD | Buku Tamu | Kontak Kami

Kajian Kualitas Kerang Mutiara di Kecamatan Pulau Laut Barat

 

Kegiatan Kajian Kualitas Kerang Mutiara dilaksanakan di Desa Teluk Tamiang Kecamatan Pulau Laut Barat, mulai pertengahan bulan Agustus 2009 dan diharapkan selesai pada Nopember 2009 yang akan datang.   Tim Peneliti dari LIPI Mataram (UPT Loka Pengembangan Bio Industri Laut, Mataram) sebanyak 7 orang yang dikoordinir oleh Dr. Ir. Dwi Eny Djoko Setyono M.Sc, didampingi oleh Bidang Statlitbang Bappeda dan PPL Dinas Kelautan dan Perikanan.

Kajian dilaksanakan dikarenakan hasil produk mutiara dari desa Teluk Tamiang ini belum membuahkan hasil yang memuaskan, antara lain bentuk mutiara yang belum bulat sempurna, permukaan mutiara agak kasar, warna dan kecerahan kurang berkilau.

Sementara itu menurut Tim, ada beberapa faktor yang mempengaruhi kualitas suatu mutiara, yang menjadi objek penelitian yakni antara lain kesesuaian bahan produksi, lingkungan, kesesuaian sarana dan prasarana, kemampuan sumberdaya manusia dan prosedur kerja.



contoh kerang yang berasal dari perairan Teluk Tamiang

 

Pendekatan masalah pada kajian ini akan dimulai dengan pengamatan menyeluruh atas lokasi budidaya kerang mutiara, dilanjutkan dengan pengamatan secara langsung pelaksanaan pemeliharaan kerang di darat maupun di laut. Selanjutnya dilakukan pengamatan atas hasil panen mutiara untuk mengetahui kategori butiran mutiara, jumlah dan berat masing-masing kategori; pengamatan lebih seksama akan dilakukan terhadap sebagian butiran mutiara sebagai contoh.

Dengan informasi yang dikumpulkan tersebut maka akan dilakukan penggalian informasi pelengkap melalui wawancara dengan pelaksana lapangan dan pengamatan atas prosedur kerja, panerapan prosedur dan sebagainya. Selain itu juga akan dikumpulkan data pendukung yang menyangkut kualitas air di sekitar lokasi budidaya.

 

Harapan setelah selesainya kajian ini adalah perolehan informasi tentang penyebab rendahnya kualitas butiran mutiara yang dihasilkan dan adanya rekomendasi untuk memperbaiki kualitas mutiara yang akan dihasilkan.

 

Total hits : 3416

Berita Pilihan

  • Pulau Samber Gelap
    pulau Samber Gelap (tampak bangunan Mercu Suar) Lokasi pulau dari ibukota Kabupaten Kotabaru hanya menempuh waktu 2 (dua) jam perjalanan menggunakan s...
  • Rencana Taman Kota (RTH Suryagandamana)
    Potret lokasi RTH Suryagandamana dari angkasa Mesjid Agung - Jalan Suryagandamana - Gunung Sebatung Rencana Pembangunan RTH Ruang Terbuka Hijau Jl. Su...
  • Pertemuan Triwulanan Forum CD-CSR Kabupaten Kotabaru
    Kamis (7/10) diselenggarakan Pertemuan Triwulanan CD-CSR Kabupaten Kotabaru 2011-2015 bertempat di Aula Hotel Grand Surya yang dihadiri oleh perusahaa...